April 23, 2021

Galamusik

"Be impressed, not obsessed"

Senandung Lara Ivanna

Risa Sarawati sang penyanyi dan penulis sebuah kisah horor. Pada awal tahun 2000-an Risa pernah mejadi vokalis band bernama Homogenic tetapi pada tahun 2009 Risa Saraswati memilih mengundurkan diri, lalu pada tahun 2009 Risa Saraswati membentuk band yang bernama Sarasvati . Tentunya walau sudah dimakan jaman karya-karya Risa tidak akan dilupakan pecinta band Sarasvati. Ingatkah kalian dengan salah satu lagu Sarasvati yang berjudul “Ivanna”?. Lagu tersebut rilis tahun 2018 dan menjadi soundtrack dari film Danur 2: Maddah. Lagu “ Ivanna” dikemas apik menggunakan musik korobeniki yang terkenal di Rusia, konon ceritanya musik korobeniki sangat disukai Ivanna semasa hidupnya. Risa menceritakan awal pertemuannya dengan Ivanna pada buku nya yang berjudul “Maddah: Danur 2”. Saat itu Risa mengunjungi rumah tinggalnya semasa kecil dan ia dikejutkan oleh teriakan keras seorang wanita yang berusaha mengusirnya. Ivanna digambarkan sebagai sosok seorang wanita berwajah dingin dan berambut pirang.

 Tetapi ada sebuah misteri dibalik lagu “Ivanna” yang kawula muda tidak ketahui, Ivanna akan datang jika kita menyanyikan lagu itu? Sebenarnya mudah untuk mengetahui makna dari lagu ciptaan Risa Saraswati ini, karena dari liriknya saja sudah jelas tergambar tentang apa lagu ini. Lagu yang masuk ke album “Mirror” ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Ivanna Van Dijk yang merupakan keluarga Londo, sebutan warga pribumi untuk bangsa Belanda. Namun, Ivanna dan keluarga dianggap penghianat oleh bangsanya sendiri. Puncaknya, Ketika adiknya lahir dan diberi namaD Dimas Van Dijk yang merupakan nama identik orang-orang Hindia- Belanda kala itu.

Sampai suatu saat Dimas jatuh cinta dengan seorang Londo bernama Elisabeth Brouwer, keluarga Elisabeth merupakan keluarga terpandang. Pada suatu malam Dimas nekat masuk ke rumah Elisabeth untuk menyatakan cinta kepada Elisabeth, tetapi niat hati Dimas malah membuat Elisabeth dan keluarganya murka kemudian dibunuhlah Dimas malam itu juga. Satu persatu keluarga Ivanna meninggal dunia, tersisalah Ivanna yang beikrar untuk membalas perbuatan keluarga Elizabeth dengan bersekutu dengan Jepang.

Berikut ini adalah lirik lagu “Ivanna”

Sendiri dalam murung
Ruhnya terhalang, terpuruk
Runyam lirih menyesak
Sandiwara tanpa jejak

Amarah menguasai (Menguasai)
Diri yang lugu mengabdi
Meredam keraguan
Tak ada lagi tujuan

Akan mengoyak sisi yang t’lah meronta (Ivanna)
Dendam membakar diri yang tersesat
Ucap menyeruak di dalam kalbu (Ivanna)
Gelap menghantui hati yang beku

Ivanna, Ivanna, Ivanna, Ivanna, huu
Ivanna
Ivanna, Ivanna, Ivanna, Ivanna, huu
Ivanna

Akan mengoyak sisi yang t’lah meronta
Dendam membakar diri yang tersesat
Ucap menyeruak di dalam kalbu
Gelap menghantui hati yang beku

Ivanna, Ivanna, Ivanna, Ivanna, huu
Ivanna
Ivanna, Ivanna, Ivanna, Ivanna, huu
Ivanna

Ivanna, Ivanna, Ivanna, Ivanna, huu
Ivanna
Ivanna, Ivanna, Ivanna, Ivanna, huu
Ivanna

Tertuang dalam liriknya dendam membakar diri yang tersesat, ucap menyeruak di dalam kalbu, gelap menghantui hati yang beku. Lagu “ Ivanna” tergambar jelas pengabdian Ivanna kepada keluarganya, demi menghancurkan keluarga Elisabeth ia rela merendahkan dirinya didepan para tentara Jepang, tetapi nasib malang menimpa Ivanna. Setelah peristiwa pembunuhan yang dilakukan oleh tentara Jepang kepada keluarga Elisabeth, saat Ivanna akan pulang menuju rumahnya Ivanna juga dibunuh tentara Jepang.

Nah, apakah kalian bisa membayangkan siapakah seorang Ivanna Van Dijk pada lagunya? itulah kisah dibalik lagu “Ivanna”, ternyata ada kisah nyata yang mungkin tidak diketahui oleh pendengarnya. Selain dibukukan, Risa menggunakan pertemuan dengan teman tak kasat matanya untuk dilagukan. Lagu “Ivanna” menyimpan kisah pilu dan tragis dari seorang Ivanna, demi adik dan keluarganya ia rela menjadi apa saja. Nah bagaimana nih kawula muda? mari kita berbagi kisah mistis, kalau kalian menemukan kisah nyata seperti cerita pada lagu “Ivanna” jangan lupa tulis dikolom komentar ya. Eitsssss ingat kalian tidak sendirian, karna Ivanna Van Dijk ada di sekitar kalian.

Penulis: Bernadeta A. Sari

Editor: Nando, Zeze, bimbim