April 23, 2021

Galamusik

"Be impressed, not obsessed"

Merinding Bersama 4 Lagu Sarasvati Band

Sumber gambar: @sarasvamily

Hai kawula muda,siapa sih yang tidak kenal dengan Sarasvati Band ? Pasti warga Bandung tidak asing lagi dengan band satu ini. Berawal dari musik elektrik pop, solo karir pada tahun 2010 Risa Saraswati membentuk Sarasvati Band yang terdiri dari 8 anggota Risa Saraswati (voc), Marshella (back voc), Kevin (keyboard), Galang (bass), Gigi (sequecer), Hinhin (guitar), Papay (drum), dan Jimbot (suling kecapi). Dengan konsep aransemen kontemporer yang unik di dalam lagu- lagunya, Risa Saraswati menceritakan mahluk-mahluk tak kasat mata atau biasa disebut dengan hantu. Berikut ini empat lagu Sarasvati Band yang bakal bikin kamu merinding.

  1. Story of Peter

Sad eyed boy in his silly pants, sometimes his there sometimes he hides begitu lirik pada lagu “Story of Peter” merupakan album sekaligus lagu perdana yang ditulis Risa Saraswati pada tahun 2010 silam.Lagu ini meceritakan tentang pertemuan awal Risa dengan Peter yang merupakan hantu Belanda. Peter selalu mengikuti Risa kemanapun pergi sehingga, membuat Risa merasa seperti diawasi. Dengan genre pop, bercampur suara khas burung hantu bakal membuat kebayang bagaimana kita menjadi Risa yang diawasi setiap saat.

Sumber: Youtube Risa Saraswati

2. Ivanna

Lagu “Ivanna” merupakan soundtrack dari film Danur 2: Maddah yang diaransemen kembali oleh Risa Saraswati. Lagu ini mengisahkan Ivanna Van Dijk yang semasa hidupnya menaruh dendam kepada keluarga seorang bangsawan bernama Elisabeth karna membuat adiknya yang bernama Dimas meninggal. Sehingga setelah kematiannya Ivanna selalu marah dan dendam kepada setiap orang yang ditemui. Didalam lagu “Ivanna” terdapat musik Korobeniki yang terkenal dari Rusia di sukai oleh Ivanna pada semasa hidupnya, terlebih dalam liriknya amarah menguasai, diri yang lugu mengabdi lagu ini akan membuat kawula muda merasakan masuk kedalam lara merinding dan meluluhlantahkan perasaan seperti masuk kedalam syair.

Sumber: Youtube Agung Topan Sumbar

3. Aku dan Buih

“Aku dan Buih” merupakan salah satu lagu yang masuk kedalam album “Mirror” yang diliris pada tahun 2012. Menceritakan seorang penari bernama Canting yang meninggal saat melahirkan anaknya yang diberi nama Buih. Lagu “ Aku dan Buih” sangat berbeda dengan lagu- lagu sebelumnya menggunakan kalimat yang sangat puitis walaupun terkesan horor karena menceritakan akhir kisah tragis si penari Canting tetapi, lagu ini juga  bisa membawa kawula muda merasakan sedih menjadi seorang Canting.

Sumber gambar: Youtube ANGGA WARDS

4. Bilur

Lagu yang menggunakan musik sunda dan kontemporer ini menceritakan tentang Mae, penyanyi sinden yang menyesal tidak mendengarkan nasehat ibunya untuk tidak menikah dengan kekasih pilihanya. Lagu dengan lirik berbahasa sunda ini konon diberikan langsung dari Mae saat bertemu Risa Saraswati. Dengan menambah suara sinden teungteuing, tungtung geuning bet peurih didalam yang artinya ujungnya ternyata malah perih lagu ini membuat siapapun yang mendengarkan lagu “ Bilur” merasakan merinding disko.

Sumber gambar: Youtube Ari Iwanda

Gimana kawula muda semakin penasarankan dengan ke empat lagu diatas? Kebayangkan merindingnya seperti apa? Ternyata Risa Saraswati membuat lagunya berdasarkan pengalaman pribadinya terhadap pertemanannya dengan mahkluk tak kasat mata sejak masih duduk dibangku sekolah dasar kebayangkankan horornya seperti apa. Sembari menikmati lagu dari Sarasvati Band hati- hati jika kalian sendirian di dalam kamar, karena kalian tidak sendirian.

Sumber gambar: @sarasvamily

Penulis: Bernadeta A.Sari

Editor: Nando