April 23, 2021

Galamusik

"Be impressed, not obsessed"

Menenangkan Diri Lewat Lagu “Breathe” Milik Lee Hi

Sumber gambar: Laman Resmi Lee Hi

Salah satu solois Korea yakni Lee Hi merilis lagu berjudul “Breathe” pada tanggal 09 Maret 2016 silam. Solois perempuan yang satu ini telah memulai debutnya semenjak 28 Oktober 2012. Lagu “Breathe” menjadi single utama dalam album studio kedua Lee Hi yang bertajuk “Seoulite”. Saat lagu “Breathe” ini rilis, Lee Hi masih menjadi bagian dari agensi YG Entertainment. Lee Hi yang lahir pada 23 September 1996 ini masuk ke naungan YG Entertainment saat itu setelah memenangkan peringkat kedua dalam acara pencarian bakat K-Pop Star.

Hal yang menarik tentang lagu “Breathe” ini ialah adanya campur tangan mendiang Jonghyun Shinee dalam proses terciptanya lagu ini. Seperti yang telah banyak diketahui para penggemar K-Pop bahwa member boygroup asal SM Entertainment ini memang kerap menciptakan lagu baik untuk karya dirinya maupun untuk yang dibawakan oleh penyanyi lain. Tablo selaku produser Lee Hi saat itu meminta bantuan Jonghyun untuk menuliskan sebuah lagu yang bertema menenangkan. Oleh sebab itu lagu “Breathe” menjadi salah satu lagu bergenre ballad dari sekian banyak lagu yang pernah Lee Hi rilis.

Breathe
Sumber gambar: Laman Resmi Lee Hi
Sumber: Youtube OfficialLEEHI

Lagu “Breathe” memiliki untaian lirik yang terbilang sederhana namun bermakna sangat dalam. Sesederhana judulnya yang berarti ‘napas’, begitu pula makna judulnya yang tidak mengandung makna konotasi lain. Lagu ini sarat akan kalimat-kalimat penyemangat meski melodi musiknya terdengar lambat dan tenang. Berikut ini sepenggal lirik lagu “Breathe” beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

숨을 크게 쉬어봐요 (Sumeul keuge swieobwayo)
당신의 가슴 양쪽이 저리게 (dangsinui gaseum yangjjogi jeorige)
조금은 아파올 때까지 (jogeumeun apaol ttaekkaji)
숨을 더 뱉어봐요 (sumeul deo baeteobwayo)
당신의 안에 남은 게 없다고 (dangsinui ane nameun ge eoptdago)
느껴질 때까지 (neukkyeojil ttaekkaji)

숨이 벅차올라도 괜찮아요 (sumi beokchaollado gwaenchanhayo)
아무도 그댈 탓하진 않아 (amudo geudael tathajin anha)
가끔은 실수해도 돼 (gakkeumeun silsuhaedo dwae)
누구든 그랬으니까 (nugudeun geuraesseunikka)
괜찮다는 말 (gwaenchanhdaneun mal)
말뿐인 위로지만 (malppunin wirojiman)

누군가의 한숨 (nugungaui hansum)
그 무거운 숨을 (geu mugeoun sumeul)
내가 어떻게 (naega eotteohge)
헤아릴 수가 있을까요 (hearil suga isseulkkayo)
당신의 한숨 (dangsinui hansum)
그 깊일 이해할 순 없겠지만 (geu gipil ihaehal sun eoptgettjiman)
괜찮아요 (gwaenchanhayo)
내가 안아줄게요 (naega anajulgeyo)
Tarik napas dalam-dalam
Sampai kedua sisi dadamu terasa kaku
Lalu hembuskan
Sampai mulai terasa sedikit sakit
Sampai kamu merasa seperti
Tidak ada yang tersisa dalam dirimu

Tidak apa-apa jika napasmu pendek
Tidak ada yang menyalahkanmu
Kamu dapat membuat kesalahan sewaktu-waktu
Orang lain melakukannya juga
Jika aku memberitahumu bahwa itu tidak apa
Aku tahu bahwa itu hanya kata-kata

Ketika seseorang menghela napas
Bagaimana pun aku bisa mengerti
Menarik napas dalam-dalam seperti napasmu
Walaupun aku tidak akan mampu memahami kedalamannya, tidak apa
Aku akan merangkulmu

Di atas penulis telah menunjukkan sepenggal lirik bagian awal dan terjemahannya dari lagu yang berdurasi 4 menit 54 detik ini. Dengan penjiwaan Lee Hi saat menyanyikannya yang sungguh dalam maka makna lagu ini terasa lebih mengharukan. Lewat lagu ini, Lee Hi menyemangati para pendengar bahwa tidak masalah apabila kita merasa lelah dan perlu waktu menghela napas, karena setiap orang juga pernah melakukan kesalahan. Tak ada yang berhak menyalahkan seseorang yang mengambil jeda untuk menghela napas di setiap tindakan karena merasa lelah dan melakukan kesalahan memang tidak akan bisa dihindari oleh manusia.

Jonghyun sepertinya ingin menyampaikan isi curahan hatinya lewat lirik lagu ini. Diketahui bahwa saat membuat lagu ini, Jonghyun sedang berada di titik bahwa dia merasa kemampuan bermusiknya mulai menurun. Setahun setelah lagu ini rilis, Jonghyun memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Lee Hi pun berhasil menjadikan lagu ini sebagai salah satu lagu yang patut dikenang dari mendiang Jonghyun.

Bagi penulis, lagu “Breathe” ini menjadi salah satu lagu yang direkomendasikan untuk kalian yang sedang ingin menenangkan diri. Saat kita menghadapi masalah sebaiknya tenangkan diri dan menghela napas agar hati kita bisa menjadi lebih lega. Apabila sudah merasa siap barulah kita kembali lagi menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Mengeluhkan sebuah kesalahan bukan hal buruk asal kita tak luput untuk memperbaikinya juga. Semoga lagu ini bisa menjadi salah satu lagu favorit kalian.

Take a deep breathe. It’s alright I’ll hold you. You really did a good job.

Lee hi – breathe

Penulis: Nando

Editor : Bimo Samudera