Agustus 1, 2021

Galamusik

"Be impressed, not obsessed"

Jim Morrison dan Kisah Bohemian

Sumber : Pinterest

Jika Jim Morrison masih hidup sampai sekarang, umurnya sudah menginjak 77 tahun. Ya, pria yang memiliki julukan The Lizard King ini lahir di Amerika pada tanggal 08 Desember 1943. Pria yang bernama lengkap James Douglas Morrison merupakan vokalis dari band The Doorsyang digawangi Ray Manzarek pada organ, Robby Krieger pada gitar, dan John Densmore pada perkusi.

Grup band yang mengambil nama dari buku karangan Aldous Huxley yang berjudul The Doors of Perception memulai karirnya pada tahun 1965 dan pada tahun tahun 1966, The Doors sering tampil di bar Whisky A Go Go. Tahun 1967, The Doors melakukan rekaman di bawah naungan Elektra Records dengan lagu Light My Fire, Break on Through (to the Other Side), dan The End yang meledak di pasaran. The Doorstercatat menelurkan tujuh album di antaranya The Doors (1967), People are Strange (1967), Waiting for the Sun (1968), The Soft Parade (1970), L.A. Woman (1971), dan An American Prayer (1978). Album An American Prayer adalah kumpulan dari rekaman Jim Morrison tentang puisinya dan diiringi musik karena Jim Morrison meninggal pada tahun 1971. Pada tahun 1991, seorang sutradara film bernama Oliver Stone, menggarap film biografi yang berjudul The Doors dengan aktor utama Val Kilmer yang kita kenal berperan sebagai Bruce Wayne atau Batman pada tahun 1995. Film ini sebenarnya mengangkat kehidupan Jim Morrison bersama grup musiknya serta menceritakan kisah hidup Jim Morrison yang tidak diketahui para penggemarnya.

Pria yang memiliki sebutan Mr. Mojo Risin (merupakan anagram dari namanya sendiri, Jim Morrison)adalah orang dengan gaya hidup bohemian (orang yang bebas hidupnya) dan sering berurusan dengan polisi karena ragam hal kontroversial. Jim Morrison terkenal sebagai pribadi yang suka mabuk, pecandu LSD (Lysergyc Acid Diethylamide; salah satu jenis narkotika), dan gemar gonta-ganti perempuan. Kebiasaan itu Morrison bawa hingga ke atas panggung sehingga tak jarang konser The Doors berakhir ricuh.

Album pertama The Doors tahun 1967

Sumber : Pinterest

Pria yang identik dengan rambut gondrong dan suara ngebass ini ditemukan meninggal di apartemennya di Prancis oleh kekasihnya, Pamela Courson. Jim Morrison meninggal pada tanggal 03 Juli 1971, saat itu Jim masih 27 tahun. Jim Morrison dimakamkan di pemakaman Père Lachaise, Prancis. Banyak spekulasi mengenai kematian vokalis ini, mulai dari serangan jantung, overdosis narkoba, Jim yang sebenarnya dibunuh di sebuah bar di Prancis dan dibawa ke apartemennya, hingga muncul teori konspirasi kalau Jim Morrison sebenarnya masih hidup dan memalsukan kematiannya. Wajar jika muncul banyak spekulasi mengenai kematiannya karena tidak ada autopsi saat kematiannya. Terlepas dari sebab kematiannya, yang jelas karyamu selalu memiliki tempat khusus di para penggemar!

Sumber : The Doors

Penulis : Bramantyo

Editor : Bimo Samudera