Juni 20, 2021

Galamusik

"Be impressed, not obsessed"

Debut Red Velvet Ajarkan Kebahagiaan Tak Selalu Tentang Materi

Kebahagiaan
Kebahagiaan
Sumber gambar: Website Resmi Red Velvet

Salah satu girlgroup kebanggaan SM Entertainment yakni Red Velvet telah memasuki tahun keenam mereka pada 1 Agustus tahun 2020 ini. Setelah enam tahun berselang, Red Velvet telah merilis dua album studio, sebelas album mini, satu album rilisan ulang, satu album kompilasi, dan dua puluh dua single. Red Velvet berawal dengan formasi empat member yang terdiri dari Irene, Seulgi, Wendy dan Joy. Setahun setelahnya Yeri bergabung sebagai member kelima Red Velvet.

Meski kini Red Velvet telah melahirkan banyak sekali karya, namun lagu debut mereka yang berjudul “Happiness” masih sangat layak untuk didengarkan saat ini. Lagu Happiness yang mengusung tema ceria dan berwarna-warni ternyata memberikan pesan yang cukup mendalam. Sama seperti judulnya yaitu happiness (kebahagiaan), lagu ini menampilkan bagaimana definisi kebahagiaan yang diyakini para member Red Velvet.

Sumber gambar: Website Fandom Red Velvet

Red Velvet menempatkan diri sebagai sudut pandang pertama di sepanjang lagu. Red Velvet dimisalkan menjadi sosok anak muda yang ingin menggali kebahagiaannya sendiri. Dalam sudut pandang ini, Red Velvet menilai kebahagiaan yang dikejar orang dewasa di sekitar mereka selama ini klise. Lirik yang menyebutkan ini ada di bagian berikut:

Lirik:
[Joy] Ireon Money jeoreon Power
Geugeotman tta-tta-tta-ttaragada
[Irene] Eoreundeuri jjanhae boyeo
Geudeureun jeongmal haengbokhaji anha
[Seulgi] Gippeun iri meotjin iri
Segyeneun jeomjeomjeom manheun dera
[Wendy] Geureon Money geureon Power
Urineun gwansimdo kkeunheobeorin ji orae

[Joy] Dalla dalla naneun jom (Orae orae orae orae)
Haebogo sipeun geunyang hago malji
Gomin gomin hadaga (Orae orae orae orae)
Eoreuni doemyeon huhoe manheul tende
[Irene] Eoje oneul naeildo (Jeomjeom deo joheungeol)
Haengbogeul chatneun naui moheom ilgi
Dalla dalla naneun jom (Nan naraseo haengbokhae)
Geungjeongi himeul naneun mitgo itji
Terjemahan:
Uang dan Kekuatan
Aku sedih dengan orang dewasa yang hanya mengejar itu
Sesungguhnya mereka tidak bahagia
Dunia ini dipenuhi dengan hal menyenangkan dan hal menakjubkan
Karena uang dan kekuatan
Kita melupakan hal menyenangkan lain di dunia ini

Aku sedikit berbeda
Aku melakukan apa yang ku inginkan
Jika kau hanya khawatir dan menjadi tua
Kau hanya akan menyesalinya
Kemarin, hari ini dan besok
Kisahku akan terisi oleh petualangan mencari kebahagian
Aku sedikit berbeda
Aku percaya dengan kekuatan Optimis

Pada umumnya memiliki uang dan kekuasaan dianggap sebagai indikator kebahagiaan oleh sebagian besar orang. Namun, Red Velvet tak ingin sama seperti orang kebanyakan. Red Velvet meyakini bahwa kebahagiaan tak terbatas pada uang dan kuasa saja, namun berkaitan dengan hal yang kita sukai. Lagu ini menunjukkan bahwa lebih melakukan hal yang kita inginkan selagi muda daripada menyesal di hari tua.

Lewat lagu “Happiness”, para pendengar dan penggemar setia Red Velvet (biasa disebut ReVeluv) apalagi yang masih berusia muda untuk tak terkungkung pada standar yang membatasi kebahagiaan kalian. Asalkan hal yang kita lakukan sesuai dengan isi hati kita, dipastikan perasaan diri kita bisa terasa lebih bahagia. Bukan hal yang salah jika masih memakai standar uang dan kekuasaan, yang penting dua hal tersebut tidak memasung kebahagiaan hati masing-masing kita.

Lagu “Happiness” yang mengantarkan Red Velvet hingga bisa terkenal seperti sekarang. Red Velvet pun memperoleh berbagai penghargaan sebagai pendatang baru seperti Golden Disc Awards dan Seoul Music Awards di tahun 2015 berkat lagu debut ini.

Bagi kalian yang ingin mendengarkan dan menonton music video “Happiness”, bisa dilihat langsung di bawah ini:

Semoga lagu “Happiness” dari Red Velvet ini bisa masuk ke salah satu daftar lagu yang rutin kalian dengarkan yah. Lagu ini cocok sekali untuk jadi penyemangat hari-hari kamu. Selamat mendengarkan~

Penulis: Nando