April 23, 2021

Galamusik

"Be impressed, not obsessed"

15 Tahun berlalu, System Of A Down Resmi Rilis Lagu terbaru.

Sumber foto : Twitter @systemofadown

Kabar mengejutkan datang dari Band System Of A Down. Pasalnya setelah 15 tahun vakum akhirnya mereka resmi merilis dua lagu teranyar mereka yaitu “Genocidal Humanoidz” dan “Protect The Land”. Tidak hanya itu saja, band yang beranggotakan Serj Tankian, Daron Malakian, Shavo Odadjian dan John Dolyaman ini juga mengajak para penggemar untuk berdonasi sebagai wujud kepedulian kepada korban perang khususnnya warga Armenia. Memang pada saat ini hubungan antara Turki, Azerbaijan dengan Armenia tengah memanas yang berujung dengan peperangan.

“Kami sebagai System Of A Down baru saja merilis musik baru untuk pertama kalinya dalam 15 tahun. Saatnya melakukan ini sekarang, karena bersama-sama, kita berempat memiliki sesuatu yang sangat penting untuk dikatakan sebagai suara yang bersatu. Kedua lagu ini, “Protect The Land” dan “Genocidal Humanoidz”, keduanya berbicara tentang perang yang mengerikan dan serius yang sedang dilakukan di tanah air budaya kita di Artsakh dan Armenia.” Tulis System of A Down yang dikutip pada website Band Camp System Of A Down.

Sumber Foto : Twitter @systemofadown

Sejak awal kemunculannya pada tahun 1994, System Of A Down memang dikenal sebagai band yang sangat vokal terhadap kasus-kasus kemanusiaan khususnya kejahatan genosida yang terjadi di negaranya yaitu Armenia. Berbicara soal Armenia dalam beberapa bulan terakhir, negara tersebut mengalami serangan udara yang diluncurkan oleh tentara Azerbaijan. Melalui lagu “Genocidal Humanoidz” dan “Protect The Land” ini Mereka berempat menyampaikan kecaman terhadap Azerbaijan dan Turki atas penyerangan yang dilakukannya.

“Rezim korup Aliyev saat ini di Azerbaijan dan Erdogan di Turki tidak hanya ingin mengklaim Artsakh dan Armenia sebagai milik mereka, tetapi melakukan tindakan genosida dengan impunitas terhadap kemanusiaan & satwa liar untuk mencapai misi mereka. Mereka mengandalkan dunia yang terlalu teralihkan untuk menyebut kekejaman mereka. Kami di sini untuk melindungi tanah kami, melindungi budaya kami, & melindungi bangsa kami.” Dikutip dari laman akun YouTube resmi System Of A Down.

Hingga berita ini diturunkan, penggalangan dana masih terus dilakukan untuk membantu warga Armenia yang menjadi korban. Jadi buat kalian yang sudah kangen dengan mereka, kedua lagu ini sudah bisa kamu lihat di akun YouTube resmi mereka pada tanggal 6 November.


Penulis : Bimo Samudera

Editor : Andreas Setya